Home » , » WAJIB BACA 10 TIPS BERIKUT SEBELUM MEMBELI HP BEKAS -update 2018

WAJIB BACA 10 TIPS BERIKUT SEBELUM MEMBELI HP BEKAS -update 2018




Kebanyakan orang merasa takut untuk membeli handphone bekas atau second. Mungkin kamu salah satun orang yang masih ragu – ragu untuk membeli handphone atau smartphone bekas. Padahal harga handphone sekarang ini semakin mahal apalagi beberapa merek gencar mengelurakan produk baru setiap bulan.
kemajuan khususnya di bidang komunikasi, telah hadir berbagai inovas tentang perangkat mobile. Di bandingkan dengan perangkat desktop, perangkat mobile (smartphone & tablet) lebih banyak digunakan oleh banyak orang. Bukan tanpa sebab pasalnya smartphone android hadir dengan berbagai aplikasi yang ada dan pastinya karena sudah banyaknya penjualan smartphone android di pasaran.
Buat kamu yang memang tidak terlalu gadget freak menganggap handphone keluaran terbaru dengan spesifikasi tinggi tidak menjadi persoalan besar. Salah satu cara untuk tetap bisa mengikuti perkembangan handphone ya dengan membeli smartphone bekas.
Tentu kamu mendapatkan keuntungan dari soal harga karena sudah bisa dipastikan harga smartphone bekas itu murah. Tapi tetap saja kamu harus tahu dulu tips membeli smartphone bekas. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk memiliki sebuah hp android bekas tapi dengan kondisi yang masih bagus dan berkualitas, pasalnya jika android berkualitas akan lebih awet dibandingkan hp android yang tidak bagus. Jika ingin membeli hp android yang berkualitas, maka lakukan cara dan tips dibawah ini.
     1. Cek harga pasaran

Ini menjadi hal penting karena jangan sampai kamu membeli smartphone second dengan harga yang lebih mahal. Rajin – rajin lah browsing harga di internet. Tentunya harga di setiap daerah masing-masing berbedah ya.
2.  Cek kondisi fisik
                                
 Dengan mengecek body pada hp android, ini adalah hal utama sekaligus yang dapat anda ketahui nanti apakah masih bagus atau tidak. Pastikan untuk body tidak memiliki cacat atau retak, kemudian untuk bagian layar jangan sampai mengalami kerusakan yang parah kalo bisa pilihlah yang masih mulus. Mungkin biasanya ada yang jual dengan keadaan tempred glass  retak, sebaiknya lepas tempered glass tersebut untuk memastikan touch. 
       
      3. Cek segel

Ini juga nggak kalah penting dan benar – benar harus kamu cek. Coba cek segel yang biasanya ada di bagian dalam dekat dengan baterai. Segel– segel ini menandakan kalau handphone bekas ini belum pernah dibongkar atau di-service. Jika ada baud yang hilang atau komponen yang hilang maka dipastikan sudah pernah diservice, atau jika lebih akurat lagi jika anda mencium hp android tersebut. Jika tercium seperti bau terbakar atau seperti bau solder, maka hp tersebut jelas sudah di service atau diperbaiki sebelumnya.
Karena kemungkinan bukan hp second biasa yang di jual, melainkan hp benar-benar awalnya rusak dan diperbaiki lalu di jual menjadi hp second. Tidak sedikit nanti hp yang hasil perbaikan (rekondisi) akan cepat rusak, berbeda dengan hp android bekas yang belum pernah di service. Dengan kata lain hp android yang belum pernah diperbaiki berarti komponenya masih asli pabrik tentu lebih bagus.
4.   Cek Kelengkapan

kelengkapan hp android juga akan memilki nilai lebih nantinya. Pastikan pada hp android yang hendak dibeli terdapat dosbook (panduan hp android), kabel data usb / charger, baterai dan lainya. Jika ketika kelengkapan pendukung sudah ada maka itu bagus, dan jika tidak lengkap pastikan anda tawar lebih murah lagi karena tidak lengkap kan. Intinya kalau kelengkapannya kurang kamu bisa menawar harga menjadi lebih rendah lagi.
5.    Cek Imei

Mengecek nomer imei adalah hal yang wajib untuk kita lakukan, ini bertujuan untuk mengecek keaslian dari smartphone android yang akan kita beli. Lalu pastikan bahwa nomor imei di hp android sesuai dengan imei di dosbook, cara cek imei smartphone android adalah keitkan *#06#* di panggilan dan klik panggil.
6.    Cek Sensor

Tentu hp android sekarang sudah di lengkapi dengan berbagai jenis sensor yang fungsinya juga sangat fital, tentunya cara mengecek sensor berbeda-beda tergantung merk dari android tersebut.
7    Cek Fitur

Sama saja seperti membeli smartphone baru kamu juga harus mencoba fitur – fitur yang ada didalamnya. Nah, hal ini juga harus kamu lakukan di handphone bekas yang ingin kamu beli. Jangan lupa untuk mengecek kamera, audionya, dan port usbnya
5.    Cek Sinyal

Dengan mengecek kekuatan sinyal, kondisi sinyal yang ada pada hp android. Jaringan terbaik hp android saat ini adalah HSDPA (3G) dan 4G Lte. Jadi pastikan hp android mendukung jaringan tersebut atau pastikan juga kondisi sinyal keadaan normal, anda dapat mengeceknya untuk internetan, sms dan telepon.
8.    Cek Garansi

Anda perlu menanyakan kepada penjual tentang garansi tersebut, jika tidak ada maka bisa tawar lebih murah dari harga yang ditawarkan penjual. Dan jika ada pastikan garansi tersebut benar-benar asli bukan rekayasa. Namanya juga membeli barang second atau bekas jadi kemungkinan untuk rusak juga lebih tinggi. Kartu garansi menjadi salah satu yang harus kamu pertimbangan, cari smartphone bekas yang masih memiliki setidaknya 6 bulan garansi.
9.    Cek Batre

ada dua macam jenis baterai android. Yaitu ada yang tidak bisa dilepas dan ada baterai yang bisa dilepas, keduanya memiliki keuntungan sendiri-sendiri. Yang jelas pastikan tidak memilih baterai yang sudah melembung atau sudah membesar karena baterai sudah menggelembung berarti sudah rusak. Beli smartphone kalau baterainya nggak tahan lama sama aja bohong. Spesifikasi handphone dengan baterai kapisitas besar juga sangat penting. Jangan lupa tes untuk men-charge di depan sang penjual.
      11. Cek ICloud/ MiCloud
Ini adalah inti dari seluruh fitur, aplikasi, storage, backup, hingga sinkronisasi antar perangkat. jadi periksa dulu ya.
10.    Jangan Buru-Buru

Ingat penyesalan adanya diakhir,  Walaupun smartphone bekas yang kamu incar sudah memiliki spesifikasi yang sudah kamu inginkan. Tapi tetap jangan terlalu terburu – buru memutuskan membeli, kalau masih punya kesempatan kamu bisa mencoba mencari di tempat lain sebagai bahan perbandingan.
Jadi kamu tetap bisa gaul dengan handphone terbaru dengan harga murah dan  bagus. Tapi tetap ya kamu harus memperhatikan tips membeli smartphone bekas.Kalau tiba – tiba terpikir untuk membeli handphone atau smartphonebaru kamu bisa membelinya di toko online. Misalnya  kamu bisa membelinya di Lazada, Blibli, atau Matahari Mall.




Thanks for reading & sharing Your Informations

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

1 komentar:

  1. Pusat Cover Motor dan Mobil Berkualitas - Artikelnya bagus min, semoga terus bisa berbagi artikel yang bermanfaat lainnya, lain kali main kesini lagi

    ReplyDelete

mohon untuk komenter dengan sopan