Home » , » Wajib baca 10 tips berikut sebelum membeli laptop bekas -update 2018

Wajib baca 10 tips berikut sebelum membeli laptop bekas -update 2018


 Laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan dan sepertinya wajib dimiliki oleh siapa saja. Sebagai pendamping dalam melakukan aktivitas, tentu membeli laptop bekas menjadi pilihan utama buat kamu yang memiliki bujet terbatas. Ketika ingin membeli laptop baru saya pikir tak perlu detail disampaikan di sini selain ada garansi resmi dari tokonya. Akan tetapi jika memutuskan ingin membeli laptop dengan anggaran ekonomis tentunya jatuh pada laptop bekas.  Saat ini jika kalian ingin membeli laptop bekas tidak hanya secara langsung atau COD, tetapi sekarang juga banyak yang secara online.
Namun dalam memilih laptop bekas, kamu memerlukan trik dan tips khusus tentunya  untuk mendapatkan barang yang berkualitas. Alih-alih malah mendapatkan barang rusak dengan harga cukup mahal. Nggak usah panjang-panjang ya langsung simak artikel berikut sebelum membeli laptop bekas:
1   1.  Cek Spesifikasi dan Harga Laptop

Bandingkan spesifikasi dan harga yang kamu cari dengan deskripsi yang penjual sertakan dalam penjualan laptop. Anda bisa mengecek harga pasaran laptop tersebut dengan searching-searching di google atau dengan mengecek di online shop seperti bukalapak dan olx.
2   2.  Cek kelengkapan


Selain unit laptop bekas yang masih mulus, kamu juga harus memperhatikan kondisi kelengkapan atau aksesoris lain yang disertakan dalam penjualan. Pastikan semua aksesoris lengkap, seperti adapter charger, tas dan sebagainya. Tentunya semakin lengkap kelengkapan laptop tersebut akan menambah nilai jualnya. Tidak jarang terdapat bonus seperti console game, speaker, cooling pad, mouse, dan aplikasi-aplikasi lainnya, jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan hal tersebut.
3.     3.  Cek garansi

memastikan garansi laptop yang mau kamu beli apakah masih berlaku atau tidak. Namun dengan punya garansi resmi, resikonya harga yang kamu bayar terkadang tidak berbeda jauh dengan harga laptop dengan kondisi baru. Anda juga bisa meminta garansi personal kepada penjual agar anda dapat mengecek laptop tersebut dengan banyak waktu.
4.   4.   Cek batre

apakah drop alias battery nya cepat habis terkuras. Walau battery laptop / netbook dapat dicharge hingga 100% langkah pastinya gunakan laptop tersebut misalnya untuk mengetik atau sekedar explorasi data dan lain-lain minimal selama 15 menit saja. Dan perhatikan apakah persentase battery dari 100% tadi baru dipakai 15 menit tetapi status persentasenya cepat sekali menurun misalnya mencapai 40%. Jangan membeli laptop / netbook dengan kondisi battery drop kecuali anda tidak teliti.
5.      5. Cek tanggal dan waktu

 Perhatikan tanggal dan jam pada bagian bawah kanan pojok apakah sesuai saat ini. Jika tidak kemungkinan battery cmos pada laptop sudah habis atau bisa juga ada kerusakan pada bios.
6.      6. Cek keybord

Yang paling mudah adalah mencoba mengetiknya pada microsoft word atau notepad dan mulailah mencoba setiap huruf dan angka pada keyboard tersebut. Walau ada software untuk mengecek tombol keyboard laptop namun tetaplah cek apakah ada salah satu atau beberapa keyboard sulit ditekan atau tidak  berfungsi.
7.      7. Cek DVDRW

Untuk mengecek kondisi optik dvdrw yang pada laptop masukan saja kepingan cd / dvd yang sudah berisi data-data di dalamnya. Gampangnya masukan saja cd / dvd film untuk mengecek apakah dvdrw pada laptop masih berfungsi.
8.      8. Cek harddisk

Terhadap masalah ini anda memerlukan software semisal contoh “crystalDiskInfo” atau juga bisa mencoba software “Hardisk Sentinel” ini bisa anda siapkan dalam flashdisk ketika hendak mencoba kondisi hardisk pada laptop yang hendak anda beli. 
9.      9. Cek layar monitor

Warna background layar laptop / netbook seperti misalnya gambar artis, gambar game background, gambar pemandangan alam pertama mungkin anda terkesima. Tapi tunggu dulu apakah dibalik itu ada cacat yang disembunyikan. Cobalah mengganti background desktopnya dengan warna solid hitam. Jika itu windows 7 atau windows 8, windows 10 atau windows xp sekalipun mintalah merubah background desktopnya dengan warna solid hitam. Nah lihatlah setelah diganti background dekstopnya menjadi hitam apakah ada semacam titik menyala pada layar ? jika ada itu biasanya dinamakan dengan “dead pixel”. Selain itu masuk ke windows explorer, atau buka microsoft word yang intinya layar background putih akan nampak. Perhatikan apakah layar laptop / netbooknya ada semacam bercak putih semacam panu jika istilahnya begitu.
9     10. Utamakan COD

Kamu yang hendak mengecek langsung kondisi barang, utamakan opsi Cash On Delivery (COD)saat proses pembelian. Pilih lokasi janjian yang aman dan dekat keramaian. Ajak juga teman kamu yang lebih mengerti laptop agar mudah dalam melakukan pengecekan.
Namun buat kamu yang sudah yakin dengan penjual dan spesifikasi laptop, kamu bisa memilih opsi pembayaran yang lebih aman. Selain transfer bank, kamu juga bisa menggunakan rekening bersama alias rekber. Berikan catatan packing ekstra, agar paket kamu aman saat proses ekspedisi.



Thanks for reading & sharing Your Informations

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

mohon untuk komenter dengan sopan